Skip to main content
szdAfArtboard 1-100

Wallpaper VS Cat Dinding? Mana Yang Lebih Baik?

Family is everything

Pakai wallpaper atau cat? DIYers, mungkin pertanyaan ini yang muncul ketika Anda ingin memperbaharui dinding rumah atau tengah melakukan renovasi. Untuk memberikan beberapa aspek pertimbangan kepada Anda yang ingin memilih pelapis dinding rumah, nah berikut ini kami jabarkan perbandingan antara wallpaper dan cat dinding :

  1. Variasi dan Desain

Cat dinding sering memunculkan kesan yang sangat monoton dan membosankan. Namun untuk wallpaper hal ini tidak akan terjadi karena wallpaper memiliki banyak sekali motif dan gambar sesuai dengan keinginan Anda. Wallpaper juga memiliki tekstur yang tidak bisa didapatkan dari cat dinding sehingga wallpaper bisa tampil lebih menarik, bahkan ada wallpaper custom yang bisa didesain khusus sesuai keinginan Anda. Sedangkan cat dinding hanya bisa bermain warna, mencampur warna untuk mendapatkan warna yang unik dan berbeda dari yang ada di pasaran.

  1. Proses Pemasangan atau Pengecatan

Teknik pemasangan wallpaper jauh lebih sederhana dibandingkan dengan cat. Untuk pemasangan wallpaper tergolong sangat cepat dan praktis, apalagi dengan adanya wallpaper yang sudah berperekat/lem jadi Anda bisa memasangnya sendiri tanpa bantuan tukang lho DIYers. Selain itu, pemasangan wallpaper tidak akan menimbulkan masalah yang terjadi seperti saat proses pengecatan.

Cara Pasang Wallpaper

Sedangkan cat tergolong lebih lama karena terdiri dari beberapa lapisan seperti cat dasar yang harus ditunggu sampai kering lalu setelah itu baru cat sesuai dengan warna keinginan Anda. Dan tentunya, Anda harus memahami langkah mengecat dinding yang benar dan memerlukan perlengkapan yang cukup banyak.  Jika warnanya tidak cocok dibutuhkan waktu tambahan untuk membersihkan cat lama dengan cara dikerok atau di amplas, kemudian baru prosesnya diulang kembali.

pintura-residencial

  1. Daya Tahan

Daya tahan cat dinding lebih rendah dibanding wallpaper karena cenderung lebih mudah untuk memudar. Cat dinding hanya mampu bertahan 2-3 tahun saja. Setelah dari itu, cat dinding harus segera diganti sebab warnanya sudah kusam. Sedangkan wallpaper jauh lebih tahan lama dibandingkan cat dinding. Apabila pemasangan wallpaper dilakukan dengan benar, wallpaper bisa bertahan lebih dari 10 tahun, namun tergantung pemakaian ya DIYers. Hindari menggunakan wallpaper untuk ruangan lembab karena akan menyebabkan wallpaper mengelupas, misalnya di ruang kamar mandi dan ruang outdoor yang terkena hujan secara langsung.

  1. Perawatan

Wallpaper mudah dibersihkan, terutama pada wallpaper yang menggunakan bahan dari vinyl, cukup dilap dengan kain basah maka kotoran akan hilang. Sedangkan cat dinding jika di lap dengan kain basah maka akan menimbulkan belang.

  1. Harga dan Biaya

Dari perbandingan daya tahan wallpaper dan cat dinding tentunya kita bisa menarik kesimpulan bahwa menggunakan wallpaper lebih murah dibandingkan cat dinding ya DIYers. Walaupun umumnya harga untuk wallpaper lebih mahal daripada cat dinding, namun sesuai karena satu kali pemasangan bisa untuk jangka waktu yang lama. Selain itu, kisaran harga ini juga tergantung dari seberapa besar luas bidang yang akan ditutupi, untuk wallpaper harganya biasanya dihitung berdasarkan meter/roll yang Anda habiskan untuk menutupi dinding Anda, sedangkan untuk cat dinding biasanya dihitung per kaleng sesuai kebutuhan Anda.

Nah itulah beberapa gambaran mengenai wallpaper dengan cat dinding.

Menurut Anda mana yang paling tepat digunakan untuk hunian Anda? 😉

Bagi Anda yang sedang mencari wallpaper berkualitas dengan berbagai motif, silahkan kunjungi Facebook Fanpage https://www.facebook.com/InteriorIndo

SMS/WA : 0812-9009-4345

Follow Twitter : @InteriorIndo_ID

Follow Instagram : @interiorindo

Website : www.interior-diy.com

Official Store

Comments

comments